Projo di Markas Golkar: Relawan Jokowi Safari Politik ke Sejumlah Parpol, Terdekat Gerindra
Foto via Antara.

Bagikan:

JAKARTA - Kelompok relawan Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam penyelenggara Musyawarah Rakyat (Musra) akan berkeliling ke partai-partai.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi usai menjalani safari politik mengunjungi Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin 7 November.

"Kita semua partai sejauh, sebisa mungkin, sedapat mungkin, semua partai kita komunikasikan," katanya.

Budi mengatakan partai selanjutnya yang akan dikunjungi dalam waktu dekat ialah Gerindra. Projo dijadwalkan berkunjung ke kediaman Prabowo Subianto pada Kamis 10 November.

"Kita dengan Pak Prabowo yang pasti Kamis, Kamis jam 1 siang," ujar pria yang menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) itu.

Budi menyebut, safari politik Projo selanjutnya akan bertemu dengan PAN dan PP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia mengaku, upaya silaturahmi Projo tidak menutup kemungkinan juga ke sejumlah partai lainnya.

"Dan juga beberapa yang lain begitu, mungkin kalau punya ada kesempatan juga kita ke partai-partai lainnya," tuturnya.

Ia menjelaskan, Projo tidak hanya akan membahas hasil Musra dalam tiap safari politiknya. Namun, Budi bilang pembahasan akan seputar agenda kebangsaan dan kerakyatan.

"Musra ini Pak Presiden sudah perintahkan untuk terus dilanjutkan karena ini alat rekam yang paling jujur tentang apa yang menjadi harapan dan keinginan rakyat," katanya.

Hal tersebut, kata Budi, lantaran Musra digunakan kelompok relawan Jokowi sebagai laboratorium politik untuk menentukan pertimbangan capres dan cawapres untuk Pemilu 2024, selain survei dan keputusan politik masing-masing parpol.

"Lembaga survei respondennya 1.200, kami kalau sekali Musra 3.000-4.000 orang," kata Budi.

Sebelumnya, Budi mengatakan acara silaturahmi dengan Golkar merupakan kali pertama bagi gabungan organ relawan Jokowi itu melangsungkan kunjungan ke partai politik.

"Ini adalah pertemuan pertama kali relawan Jokowi ke kantor parpol dan inilah ke Kantor Golkar," katanya, Senin 7 November.

Silaturahmi yang dilangsungkan secara tertutup itu dimulai sekitar pukul 19.49 WIB. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi oleh sejumlah pengurus DPP Partai Golkar bersama perwakilan 18 kelompok relawan Jokowi yang tergabung dalam penyelenggara Musra.

Tampak pula sejumlah pimpinan Partai Golkar di antaranya Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin yang menjabat Wakil Ketua Umum Golkar, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

Kemudian, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily yang juga Ketua DPP Golkar, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus yang menjabat pula sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar dan Anggota Komisi XI DPR Puteri Komarudin.