Kemenag Salurkan Bantuan Rp37,6 Miliar untuk RKB Madrasah Swasta
Kementerian Agama menyelenggarakan evaluasi bantuan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru tahap 1 untuk madrasah swasta. (ANTARA/HO-Kemenag)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Agama telah menyalurkan bantuan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru (RKB) senilai Rp37,62 miliar untuk 341 madrasah swasta.

"Bantuan itu ada yang digunakan untuk rehabilitasi ruang kelas, ada juga yang untuk membangun ruang kelas baru," ujar Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Abdul Rouf dilansir ANTARA, Senin, 7 November.

Rouf merinci bantuan itu diperuntukkan pembangunan ruang kelas baru bagi 164 madrasah dan rehabilitasi ruang kelas bagi 177 madrasah.

Menurut Rouf, madrasah penerima bantuan telah menyelesaikan proses pekerjaannya, baik rehabilitasi maupun pembangunan ruang kelas baru. Evaluasi digelar sebagai tahap akhir, utamanya terkait pelaporan.

Dia berharap para penerima bisa menjaga akuntabilitas penyelenggaraan bantuan sarana prasarana. Dengan begitu, asas kemanfaatannya bisa dirasakan semua pihak.

"Mengingat bantuan ini amanah dari pemerintah yang basisnya APBN, kami menilai perlu untuk menyamakan persepsi berkaitan dengan penyelesaian laporan pertanggungjawaban," kata dia.

Sementara itu, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda MA&MAK Direktorat KSKK Madrasah Bekti Indramadji mengatakan Subdirektorat Sarana Prasarana telah menyelesaikan monitoring ke daerah guna melihat langsung jalannya bantuan sarana prasarana.

Secara umum, kata dia, proses pembangunan sudah dilaksanakan. Bekti Indramaji mengingatkan para penerima akan pentingnya penyelesaian laporan pertanggungjawaban berikut data dukungnya, baik yang berupa foto, laporan akademik, dan laporan keuangan.

"Pada aplikasi Simsarpras tersedia kolom untuk mengunggah laporan pertanggungjawaban. Harapan kami, semua kolom unggahan itu terisi. Ada tahapan-tahapan pembangunan berupa foto, laporan akademik, laporan keuangan hinggan video pemanfaatan bangunan," kata dia.

Evaluasi bantuan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru tahap 1 diadakan selama empat hari dari tanggal 3-6 November 2022 di Tangerang.

Peserta dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama selama dua hari untuk madrasah penerima bantuan rehabilitasi dan sesi kedua selama dua hari untuk madrasah penerima bantuan pembangunan ruang kelas baru.