Banjir Masih Rendam Aceh Timur, Pengungsi Bertambah Jadi 2.693 Orang
Banjir yang merendam rumah warga di Kabupaten Aceh Timur, Senin (7/11/2022). (ANTARA/HO-BPBD Aceh Timur)

Bagikan:

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut sejumlah wilayah Aceh Timur masih terendam banjir yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, bahkan jumlah pengungsi bertambah menjadi 2.693 jiwa.

“Total pengungsi saat ini sebanyak 2.693 jiwa dalam 668 kepala keluarga,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas dalam keterangan dikutip ANTARA, Senin, 7 November.

Dia menjelaskan banjir mulai merendam Aceh Timur sejak Kamis (3/11), menyusul hujan deras mengguyur wilayah setempat dalam beberapa hari terakhir.

Hingga kini, terdapat 37 desa atau gampong dalam 11 kecamatan yang masih terendam, dengan ketinggian debit air yang bervariasi, antara 20-60 centimeter, bahkan lebih.

BPBA mencatat 11 kecamatan yang terendam banjir itu meliputi Kecamatan Birem Bayeun sebanyak enam desa, Simpang Jernih satu desa, dan Pante Bidari lima desa, Peunaron empat desa, Ranto Peureulak tiga desa, Simpang Ulim satu desa dan Julok satu desa.

Selanjutnya, Kecamatan Sungai Raya tujuh desa, Rantau Selamat satu desa, Peureulak tujuh desa dan Peureulak Barat satu desa. Sementara satu desa Birem Bayeun terjadi tanah longsor yang menyebabkan badan jalan antar desa tertimbun sepanjang 5 meter.

“Petugas BPBD Aceh Timur terus melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan instansi terkait untuk melakukan kajian, pendataan, evakuasi dan menyalurkan bantuan masa panik,” katanya.

Ilyas mengatakan debit air yang merendam wilayah Aceh Timur itu berasal dari daerah aliran sungai Krueng Arakundo dan Peureulak meluap ke permukiman penduduk, yang dipicu curah hujan tinggi.

Saat ini, korban terdampak sebanyak 10.111 jiwa dalam 2.522 kepala keluarga yang tersebar di seluruh kecamatan terdampak. Petugas BPBD Aceh Timur masih terus melakukan pendataan di lokasi kejadian.

“Selain merendam rumah warga, dampak material akibat banjir ini juga menyebabkan tiga unit rumah rusak ringan. Tidak ada laporan korban jiwa,” kata Ilyas.

Di samping itu, kata Ilyas, sejumlah wilayah juga sudah menunjukkan debit air yang mulai surut seperti Kecamatan Birem Bayeun, Pante Bidari dan Peunaron. Selebihnya debit air masih bertahan.

“Saat ini ada 13 lokasi pengungsian di masing-masing desa. Kendala di lapangan, untuk Kecamatan Simpang Jernih belum dapat dilaporkan karena terkendala jaringan telepon,” katanya.