Gempa M 4,6 Goyang Sukabumi Hari Ini, BPBD Pastikan Tak Timbulkan Korban Jiwa
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

Bagikan:

JABAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan pendataan korban jiwa dan kerusakan akibat gempa magnitudo (M) 4,6 menggoyang Kota Sukabumi pada hari ini, Minggu 6 November.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani mengatakan gempa yang terjadi sekitar pukul 04.51 WIB itu tidak menimbukan korban jiwa maupun kerusakan baik rumah warga maupun fasilitas umum.

"Kami sudah menyebar personel ke berbagai lokasi untuk melakukan pendataan terkait dampak gempa, tapi hingga pukul 19.00 WIB laporan kerusakan masih ingin dan dipastikan gempa ini tidak menimbulkan dampak," kata Imran di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), dikutip dari Antara, Minggu 6 November.

Imran mengatakan hingga saat ini pihaknya tidak menerima laporan dari warga terkait dampak gempa dan korban jiwa.

Meskipun demikian, Imran tetap mengimbau warga selalu waspada pada gempa susulan yang bisa saja terjadi kapan saja.

Tidak hanya itu, ia pun mengimbau agar warga tidak panik jika terjadi gempa, pertama harus tenang dan dengan cepat keluar dari rumah dan menjauhi bangunan serta pohon karena di khawatirkan roboh atau tumbang.

Kemudian, kata dia, warga diminta tidak mempercayai informasi atau berita yang tidak jelas sumbernya atau hoaks terkait gempa sehingga bisa membuat panik.

"Warga tidak perlu panik, tetapi tetap waspada, karena bencana datangnya tidak bisa diprediksi. Dan jika di daerahnya ada dampak kerusakan agar segera melapor kepada kami sehingga bisa dengan cepat ditanggulangi," tambahnya.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa M 4,6 yang berpusat di Kota Sukabumi berada di koordinat 7.76 Lintang Selatan (LS) dan 106.91 Bujur Timur (BT).

Gempa itu berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman episentrum gempa 37 km. Gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.