<i>Dear</i> Warga Aceh, MUI Bilang Gerhana Bulan Total Fenomena Alam Tak Boleh Dikaitkan dengan Kematian atau Musibah
Arsip Foto - Santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam dan masyarakat umum mengamati gerhana bulan total/ANTARA

Bagikan:

ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh mengimbau agar masyarakat tidak mengaitkan fenomena gerhana bulan total dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya.

“Kita imbau agar masyarakat tidak mengaitkan gerhana bulan ini dengan kematian, musibah, karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah,” kata Kanwil Kemenag Aceh Iqbal di Banda Aceh, dikutip dari Antara, Kamis, 3 November. 

Gerhana bulan total diprediksikan akan terjadi pada Selasa pekan depan. Fenomena ini juga dapat diamati masyarakat Aceh secara langsung saat bulan terbit sekitar pukul 18.17 WIB dengan melihat ke arah Timur.

Kata Iqbal, gerhana baru bisa disaksikan di Tanah Rencong itu pada pukul 18.17 WIB, dikarenakan gerhana sebagian sudah terjadi sejak pukul 16.08 WIB, sementara bulan di wilayah Aceh belum terbit.

“Untuk durasi gerhana bulan total di Aceh berlangsung selama 25 menit,” kata Iqbal.

Saat gerhana bulan total terjadi, bulan purnama akan sedikit berwarna merah, selanjutnya bulan akan berbentuk sabit kecil. Kemudian, cahaya sedikit demi sedikit akan memenuhi piringan bulan hingga akan penuh kembali seperti bulan purnama sempurna.

“Cahaya akan penuh kembali seperti bulan purnama sempurna pada pukul 19.49 WIB,” kata Iqbal.

Kata Iqbal, pihaknya akan melakukan pengamatan dari lantai tiga Kanwil Kemenag Aceh, dengan menggunakan enam unit teleskop astronomi, kemudian dilanjutkan dengan shalat sunnah berjamaah.

Kemenag juga mengimbau agar masyarakat Aceh melaksanakan salat sunnah gerhana (khusuf al-qamar) yang dilanjutkan dengan sedikit khutbah gerhana, dan dianjurkan setelah salat maghrib berjemaah tepat ketika sedang terjadi gerhana bulan total.

“Kita juga mengimbau masyarakat agar memperbanyak, istighfar, takbir, sedekah dan bentuk-bentuk ketaatan lainnya dalam rangka mengagungkan kebesaran Allah,” katanya.