Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Polisikan 5 YouTuber terkait Konten Hoaks Masalah Pribadi
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi kuasa hukumnya saat membuat laporan di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bagikan:

PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melaporkan lima akun YouTube ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat terkait dugaan konten mengandung hoaks. 

Anne mengatakan akun-akun tersebut dianggap telah memuat konten fitnah soal masalah pribadinya. Sat ini ia mengaku tengah menjalani perkara gugatan cerai terhadap suaminya.

"Secara psikologis berdampak kepada kami, saya pribadi, keluarga saya, anak saya, dan orang tua saya dalam video itu mereka dilibatkan," kata Anne di Polda Jawa Barat, Kota Bandung dilansir ANTARA, Selasa, 18 Oktober. 

Menurutnya, konten-konten YouTube itu dinilai mengangkat permasalahan pribadi yang diduga tidak jelas kebenarannya. Menurut dia, ada sebanyak 11 konten video dari lima YouTuber yang dianggap berisi hoaks.

Anne mengatakan penyebaran hoaks itu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena jika dibiarkan, maka konten-konten itu bakal memberi edukasi negatif kepada masyarakat.

"Kalau dibiarkan akan berdampak, terutama kepada penonton lainnya, saya pribadi dirugikan dan tidak bisa hanya berdiam diri," kata dia.

Dia berharap laporan itu bisa ditindak sesuai hukum yang berlaku, berjalan sesuai harapannya, dan bisa menjadi efek jera kepada para terlapor.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne menggugat cerai suaminya anggota DPR Dedi Mulyadi ke Pengadilan Agama Purwakarta. Gugatan cerai itu dilayangkan ke pengadilan pada 19 September 2022.

Anne merupakan Bupati Purwakarta Periode 2018-2023, sedangkan Dedi Mulyadi pernah menjabat sebagai Bupati Purwakarta Periode 2008-2018.