Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan terbaru kasus gagal ginjal akut di Indonesia dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu, 2 November.

Hingga Selasa, 1 November, kemarin, tercatat ada 325 kasus pasien terkena gagal ginjal. Sebanyak 178 pasien gagal ginjal akut dilaporkan meninggal dunia.

"Data per kemarin (Selasa, 1 November), yang kami bisa monitor ada 325 kasus ginjal akut di seluruh Indonesia. Dan memang ada konsentrasi di beberapa provinsi tertentu, terutama di daerah Sumatera Utara, daerah Jawa bagian barat, bagian timur, dan juga daerah Sulawesi Selatan," ujar Budi Gunadi Sadikin di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 November.

Wilayah penyumbang kasus gagal ginjal akut terbanyak adalah DKI Jakarta. Kemudian Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Barat, dan Bali.

Meski begitu, lanjut Budi, dari total tersebut pasien yang meninggal dunia mengalami penurunan yakni sebesar 54 persen dari sebelumnya 60 persen.

"Kemudian kami juga melihat meninggalnya sekarang 178 dari 325, sekitar 54 persen. Ini sudah menurun dari kondisi sebelumnya yang sempet mencapai 60 persen," katanya.