Gubernur Ridwan Kamil <i>Groundbreaking</i> Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Pertama di Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (dok Pemrov Jabar)

Bagikan:

JABAR - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu perdana pembangunan rumah sakit Nahdlatul Ulama (NU) pertama di Jabar. Acara ini digelar di lokasi pembangunan Jalan Raya Bandung-Cianjur pada Kamis 27 Oktober.

Ridwan Kamil mengatakan fasilitas kesehatan itu direncanakan bernama Rumah Sakit Edelweiss dan dibangun atas gagasan NU Cianjur bekerja sama dengan Edelweiss Healthcare Group.

"Ini merupakan rumah sakit pertama di Jabar milik NU yang akan diberi nama Rumah Sakit Eidelweiss Bentang Salapan Cianjur yang nantinya akan menampung 135 tempat tidur dengan bangunan empat lantai," kata Ridwan Kamil di Cianjur, Jabar, dikutip dari Antara, Kamis 27 Oktober.

Pria yang karib disapa Kang Emil itu menjelaskan, Jabar masih membutuhkan banyak rumah sakit baru untuk melayani 50 juta penduduk. Menurutnya, keberadaan fasilitas kesehatan dapat meningkatkan indeks kesehatan dan angka harapan hidup yang saat ini di angka 75 tahun.

"Kami berharap upaya yang dilakukan NU Cianjur bersama dengan Edelweiss membangun ekonomi dan kesehatan umat, serta kehadirannya dapat menjadi rujukan bagi warga di Cianjur dan warga dari kabupaten/kota tetangga," tuturnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Cianjur Herman Suherman groundbreaking rumah sakit Nahdlatul Ulama (NU) pertama di Jabar pada Kamis 27 Oktober. (ANTARA-Ahmad Fikri)

CEO Edelweiss Healthcare Group, Syauqi Robbani menambahkan, pembangunan rumah sakit NU pertama di Jabar ini di atas lahan seluas 8.564 m2 dengan luas bangunan 9.987 m2.

Rencananya Rumah Sakit Edelweiss terdiri dari empat lantai dengan kapasitas 135 tempat tidur. Sedangkan target pelayanan pertama bisa dimulai tahun 2024.

"Kita akan kebut pembangunannya, sehingga tahun 2024 sudah dapat beroperasi melayani pasien dari berbagai kalangan mulai BPJS kesehatan, asuransi umum dan pasien mandiri. Tidak hanya di Cianjur, kami menargetkan membangun lima rumah sakit lainnya di Jabar," ujarnya.

Rois Syuriah PCNU Cianjur, KH Kamali Abdul Ghani, mengatakan kolaborasi ini bukan hanya dari umat untuk umat, termasuk upaya dalam membantu Pemkab Cianjur dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terutama bidang kesehatan yang masih rendah.

“Dengan hadirnya Rumah Sakit Edelweiss Bentang Salapan Cianjur, diharapkan bisa membantu pemerintah memfasilitasi masyarakat luas dalam pelayanan bidang kesehatan, saatnya kita saling membantu untuk kemaslahatan umat,” tandasnya.