Mahfud MD: Peralihan TV Analog ke Digital Dilaksanakan pada 2 November Secara Bertahap
Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan peralihan televisi analog ke digital bakal dilaksanakan awal November mendatang. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

"Peralihan dari analog ke digital itu akan dilaksanakan pada 2 November," kata Mahfud dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring di YouTube Kemenko Polhukam RI pada Senin, 24 Oktober.

Mahfud mengatakan ada beberapa hal yang masih harus dibereskan sebelum peralihan itu dilaksanakan secara menyeluruh. Salah satunya, pembagian set TV Box kepada masyarakat.

Melengkapi pernyataan Mahfud, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan peralihan pada 2 November itu akan menyasar daerah Jabodetabek. Untuk mendukung langkah tersebut, 479 ribu keluarga kategori tidak mampu sudah dibagikan set TV Box.

"Dengan demikian kita harapkan pelaksanaan analog switch-off pada bulan November di wilayah Jabodetabek bisa berjalan dengan baik," ungkap Johnny.

Johnny memastikan peralihan ini sudah disepakati oleh Kemenkominfo dan pengusaha televisi. Nantinya, masyarakat bisa mengadukan masalah teknis pada posko yang akan disiapkan oleh pemerintah.

Selain itu, bagi warga miskin juga bisa mendapatkan set-up box di posko tersebut. "Pada saat analog switch-off Jabodetabek, pemerintah juga menyiapkan posko di mana apabila ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital, karena belum tersedia set-up box bagi keluarga miskin maka Kemenkominfo akan melayani sedapat mungkin," tegasnya.

Sementara bagi masyarakat yang mampu, mereka bisa bisa memasang set-up box bagi televisinya. "Sehingga pada tanggal 2 November nanti dapat menikmati siaran digital yang lebih jernih, lebih bersih, lebih tinggi kualitasnya, dan lebih banyak kanal-kanalnya," pungkasnya.