Perdana, Bengkulu Gelar <i>Car Free Day</i> di Pantai Panjang
Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang, Kota Bengkulu. (Antara)

Bagikan:

BENGKULU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu membuka kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day atau CFD untuk pertama kalinya di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

CFD itu digelar dari Pantai Pasir Putih hingga kawasan Pantai Berkas. Dilaksanakan setiap dua pekan sekali yang dapat diikuti masyarakat umum untuk olahraga atau kulineran.

"Ini perdana kita gelar untuk pemanfaatan TWA Pantai Panjang Bengkulu, setelah ditetapkan kementerian di bawah pemprov. Secara berkala akan kita lakukan setiap dua pekan yang akan kita pusatkan di Pantai Panjang Bengkulu," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dikutip dari Antara, Minggu 23 Oktober.

Ia menyebutkan, dengan adanya CFD di kawasan Pantai Panjang, masyarakat dapat menikmati udara pagi pantai tanpa terganggu aktivitas kendaraan.

Selain itu, disediakan juga berbagai macam makanan olahan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Provinsi Bengkulu dalam lokasi CFD itu.

Dalam lokasi CFD ini, masyarakat juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti kolesterol, gula darah dan asam urat serta stand pelayanan vaksinasi COVID-19.

Rohidin menambahkan, Pemprov Bengkulu juga melakukan penataan perizinan bangunan di kawasan Pantai Panjang yang akan disesuaikan dengan HPL dari Kementerian terkait dengan HGB dan beberapa jenis perizinan lainnya.

Kegiatan ini dilakukan untuk menghidupkan UMKM, memperbaiki penataan bangunan, pemandangan yang menjadi daya tarik dasar dari kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga kebersihan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu.