Asumsikan Capres Seperti Pilot, Jokowi Minta Jangan Pilih yang Tawarkan Kelas Bisnis dan Kasih Diskon Tiket
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Jokowi meminta supaya cerdas dalam memilih capres mendatang. Jangan memilih capres hanya karena melihat program yang menarik tapi nyatanya tak masuk akal.

Hal ini diungkap Presiden Jokowi kala memberikan kata sambutan dalam perayaan puncak HUT Golkar di JI Expo, Jumat 21 Oktober.

Supaya mudah, Jokowi memberi perumpaan tentang seorang maskapai penerbangan ketika sedang memilih pilot. Ada dua pilot yang bersaing.

"Pilot pertama ngomong agar dia bisa terpilih, dia mengatakan 'Saya akan patuhi hukum penerbangan internasional dan saya akan terbang di ketinggian 30 ribu kaki'," ucap Jokowi.

Sedangkan pilot yang lain menjual program seluruh penumpang akan duduk di kelas bisnis dan tiketnya pun akan diberi diskon.

"Bapak ibu akan tertarik yang mana?" tanya Jokowi.

"Kalau yang sekarang pasti akan tertarik yang nomor 2 karena semua disiapkan kelas bisnis dan semua diberikan diskon tiket gratis," ucap Jokowi.

"Yang milih nomor 2 itu hati-hati. Karena pasti karena emosional dan kurang informasi. Dan sebetulnya tawarannya tidak masuk akal,"

"Sudah diberikan kelas bisnis semua kemudian tiketnya didiskon, menarik sekali tapi tidak masuk akal," sambungnya yang disambut dengan tepuk tangan riuh.

Dari perumpaan di atas, Jokowi berharap supaya jangan sembarangan memilih calon pilot dan kopilot.

"Dan juga saya titip pesan, jangan terlalu lama-lama," katanya.