Hampir 70 Ribu Anak Tak Sekolah di Papua Barat, Pj Gubernur Paulus Waterpauw Jadikan Prioritas Penanganan
Pj Gubernur Paulus Waterpauw saat membuka kegiatan rapat kerja para Bupati seluruh Provinsi Papua Barat di Sorong, Kamis (20/10/2022). ANTARA/ Ernes Broning Kakisina

Bagikan:

SORONG - Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan pemerintah daerah serius terhadap masalah pendidikan terutama puluhan ribuan anak usia sekolah yang belum bersekolah.

"Hasil survei Akademisi ada 68.988 anak usia sekolah di Provinsi Papua Barat yang tidak bersekolah. Angka ini sangat tinggi dan butuh perhatian serius bersama," kata Paulus Waterpauw pada rapat kerja para bupati seluruh provinsi Papua Barat di Sorong dilansir ANTARA, Kamis, 20 Oktober.

Dia menjelaskan masalah puluhan ribu anak asli Papua yang tidak sekolah ini menjadi topik utama dalam rapat kerja para Bupati di seluruh wilayah provinsi Papua Barat selama dua hari ke depan di Sorong.

Akan dibahas bersama bagaimana dan seperti apa solusi bagi puluhan ribu anak asli Papua yang sampai saat ini tidak bersekolah tersebut.

Ada banyak hal penyebab anak-anak tidak bisa sekolah atau putus sekolah, misalnya ketidakmampuan orang tua karena kondisi ekonomi keluarga lemah, serta sarana keterbatasan sarana dan prasarana dan lainnya.

Karena itu, sambung Paulus, akan dibahas bersama para kepala daerah langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dari jumlah 68.988 anak tidak bersekolah tersebut, anak usia tingkat sekolah dasar atau SD yang tidak sekolah sebanyak 24.725 orang, tingkat sekolah menengah pertama atau SMP yang tidak bersekolah sebanyak 25.326 orang.

Selanjutnya anak usia sekolah yang seharusnya saat ini menempuh pendidikan di tingkat SMA dan SMK namun tidak bersekolah sebanyak 18.938 orang. Mereka tersebar pada 13 kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Papua Barat.