Duet Ganjar-Airlangga Dinilai Bisa Penuhi Aspirasi KIB
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ganjar mengaku siap bergerak untuk bangsa dan negara. 

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad, menilai kesiapan Ganjar untuk maju capres tentu disambut baik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sebab, PPP memang tengah membidik Ganjar untuk dicalonkan.

Sedangkan, Golkar menginginkan Ganjar mau bersama Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto.  

Terlebih dalam survei yang dilakukan SMRC beberapa waktu lalu, simulasi pasangan Ganjar-Airlangga mendapatkan suara tinggi dibandingkan paslon lain. Pasangan ini pun disebut memenuhi aspirasi parpol anggota KIB. 

“Pasangan Ganjar-Airlangga saya kira cukup mewakili aspirasi Golkar-PAN-PPP. Walaupun sama-sama dari partai kebangsaan, tapi Ganjar sebenarnya cukup dekat dengan kelompok Islam. Beberapa keluarga dekatnya aktif di PPP, termasuk mertua dan kakak iparnya. Saat ini dia juga didampingi oleh tokoh PPP sebagai wakil gubernur,” ujar Saidiman, Rabu, 19 Oktober. 

Dalam simulasi tiga pasangan capres cawapres survei SMRC yang dilakukan pada Agustus lalu, duet Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto mendapatkan 33 persen suara. Sementara Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 25 persen dan Prabowo Subianto - Puan Maharani mendapat 25 persen.

Kemudian, di survei SMRC terbaru tentang agama dan pemilih Pilpres 2024, Ganjar banyak disukai baik oleh pemilih muslim dan nonmuslim. 

"Sementara pada Ganjar Pranowo, selisih proporsi pemilih muslim dan non-muslim yang mendukungnya kecil, bahkan ada kecenderungan proporsi pemilih non-muslim lebih besar dibanding yang muslim," jelas Saidiman.

Jika diperhitungkan, sambung Saidiman, dalam KIB kader PPP dan PAN menyebut nama Ganjar sebagai capres mereka. Sementara Partai Golkar tunduk pada Munas dan Rakernas menunjuk Ketum Airlangga sebagai Capres, meski Ganjar lebih unggul. 

"Namun jika Ganjar dipasangkan dengan Airlangga, terlihat Airlangga bisa memperkuat Ganjar," kata Saidiman.