Khawatir Disalahartikan, Pasta Gigi Rasa Ramen Buldak Super Pedas Kemungkinan akan Ditarik Kembali
Pasta gigi Hochi 2080 (Sumber: Aekyung via Korea Times)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan diperkirakan akan memerintahkan Aekyung untuk menarik kembali semua produk Pasta Gigi Hochi 2080 yang menarik perhatian, yang diperkenalkan perusahaan bekerja sama dengan Buldak Ramen super pedas dari Samyang Foods, karena masalah keamanan, menurut pejabat industri, Kamis.

Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan (MFDS) mengatakan akan segera memutuskan, apakah akan menyarankan pembuat produk untuk mengubah desain paket pasta giginya atau membuatnya menarik produknya.

Kementerian khawatir Pasta Gigi Hochi 2080 Aekyung dapat disalahartikan sebagai makanan oleh konsumen, mirip dengan pasta gigi rasa kari perusahaan sebelumnya yang berkolaborasi dengan Ottogi pada tahun 2020.

"Tidak ada orang yang boleh membuat, mengimpor, menyimpan, atau memajang non-obat yang mungkin menyesatkan penggunaannya sesuai dengan Pasal 62 Sub-ayat 10 Undang-Undang Urusan Farmasi untuk tujuan menjualnya," kata seorang pejabat MFDS, melansir Korea Times 14 Oktober.

"Kami akan membiarkan semuanya terbuka dan meninjau langkah-langkah yang diperlukan," lanjutnya.

Aekyung telah menolak untuk memberikan jawaban langsung, tentang apakah perusahaan akan menarik kembali semua produk Pasta Gigi Hochi 2080 secara sukarela.

"Kami berhenti memproduksi Pasta Gigi Hochi akhir tahun lalu. Untuk produk yang telah didistribusikan melalui berbagai saluran ritel, kami tidak memiliki kendali atas mereka," kata seorang pejabat Aekyung.

Sementara itu, toko serba ada lokal berharap Aekyung akan menarik kembali produknya karena alasan yang berbeda.

"Pasta Gigi Hochi 2080 Aekyung tidak dijual sama sekali di toko serba ada kami dan kami telah dikritik karena memajang produk kontroversial seperti itu di rak juga. Siapa yang akan membeli barang aneh ini? Saya berharap mereka akan ditarik kembali sesegera mungkin," kata seorang pejabat perusahaan toko serba ada.