Wagub Riza: Daerah Lain Negara Lain Genangan Lebih Tinggi dan Lama, Kalau di Jakarta Cepat Surut
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/DOK VOI -Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan banjir yang terjadi beberapa hari terakhir di Ibu Kota cepat surut sesuai dengan target kurang dari enam jam setelah hujan.

"Daerah lain dan negara-negara lain, daerah lain itu masih banyak genangannya yang jauh lebih besar, lebih tinggi dan lebih lama tergenang. Kalau di Jakarta, genangannya cepat surut," kata Riza di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 13 Oktober.

Riza menjelaskan Pemprov DKI berupaya melakukan pengendalian dan pencegahan banjir hingga penanganan setelah bencana.

"SOP (Standar Prosedur Operasional) sudah sangat jelas, tenaga, armada, fasilitas semua itu disiapkan di tempat yang berpotensi genangan dan banjir," ucapnya.

Terkait pencegahan, lanjut dia, Pemprov DKI melakukan kegiatan pengerukan lumpur di waduk dan kali untuk menambah kapasitas air ketika terjadi luapan karena curah hujan tinggi.

"Bayangkan, ada tidak, daerah lain yang punya sampai 257 eskavator, 400 'dump truck'? Itu bentuk komitmen kami untuk melakukan pengerukan. Jadi, daya tampung air, kapasitas itu kami tingkatkan," imbuh Riza.

Sementara itu, sejak beberapa hari terakhir hujan deras mengguyur wilayah hulu dan hilir Jakarta menyebabkan luapan air sungai di antaranya Kali Ciliwung dan Pesanggrahan.

Banjir melanda sejumlah titik di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur bahkan ketinggiannya bervariasi hingga dua dan tiga meter.

Sementara itu, berdasarkan data BPBD DKI hingga pukul 18.00 WIB Kamis ini, petugas gabungan berupaya menyedot genangan air yang terjadi di delapan ruas jalan di Jakarta dengan ketinggian 20-30 sentimeter.

Sedangkan ketinggian air di Kartika, RT 003/RW 04 tepatnya di kolong tol Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat mencapai 100 cm.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta sebelumnya menyiagakan sebanyak 455 pompa stasioner dan 457 pompa keliling untuk menyedot genangan dan banjir di sejumlah titik Ibu Kota.