Viral Turis Tergulung Ombak Penuh Sampah Saat Surfing di Pantai Batu Bolong Bali
ILUSTRASI/DOK ANTARA

Bagikan:

BADUNG - Viral video bule berselancar (surfing) tergulung ombak penuh sampah di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Dalam video, tampak turis perempuan terduduk di tepian pantai dan sulit berdiri karena kakinya terbelit sampah.

Gulungan ombak datang menghantamnya hingga sesaat tenggelam. Saat kembali bangun, kepalanya sudah dipenuhi sampah yang menyangkut.

Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, I Made Gede Dwipayana membenarkan peristiwa tersebut.

"Yang viral itu, yang bule surfing itu memang benar kejadiannya di Batu Bolong," kata dia, Kamis, 13 Oktoberr.

Sampah yang berada di tepi pantai menurutnya merupakan sampah lokal atau sampah-sampah kiriman dari aliran sungai yang berada di kawasan pantai tersebut.

"Tapi itu masih sampah lokalan masih dari sungai-sungai yang ke laut bukan dari sampah kiriman dari barat atau angin barat. (Itu) karena pengaruh hujan, dan itu (sampah) memang di pinggir kalau di dalam airnya masih bagus dan jernih karena belum ada kiriman dari pengaruh angin barat," imbuhnya.

Dwipayana mengatakan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di pantai itu harus dilakukan dengan manual. Karena alat pembersih sampah seperti alat berat dan lainnya sulit masuk ke pantai tersebut.

"Kendalanya alat kita tidak bisa ke sana karena masih manual. Karena tipe pantai di utara agak susah di samping pasirnya gemur, dan itu harus manual dan itu sampah campuran kayu dan plastik," ujarnya.