Lepas Burung Dara, Kapolda Jateng Resmikan Polres Pati Naik Tipe Jadi Polresta
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi meresmikan peningkatan tipe Polres Pati menjadi Polresta Pati, Kamis (13-10-2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Bagikan:

JATENG - Kepolisian Resor (Polres) Pati resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati.

Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikannya dengan ditandai pelepasan burung dara pada Kamis 13 Oktober.

Naiknya tipe ini juga segera dilakukan pemulihan pangkat untuk jabatan kapolres dari AKBP menjadi Kombes, sedangkan para Kasat menjadi Kompol.

"Peningkatan tipe ini tentu sesuai dengan hakikat ancaman untuk Pati karena memiliki wilayah yang sangat luas dengan 21 kecamatan," ujarnya Ahmad dalam keterangan, dikutip dari Antara, Kamis 13 Oktober.

Ahmad mengingatkan, kenaikan tipe ini juga memiliki konsekuensi sehingga tantangan nantinya harus disikapi dengan kepekaan jajaran Polresta Pati dalam memberikan pengabdian lebih baik dari sebelumnya. Utamanya dalam memberikan pelayanan, pengayoman, dan perlindungan hukum.

"Konsekuensi Ini merupakan tanggung jawab moral harus ditingkatkan sinergitasnya tidak hanya di internal, tetapi juga eksternal dengan terhadap forkompinda dan pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ahmad juga memerintahkan seluruh jajaran Kapolres di Jawa Tengah untuk selalu peka terhadap perkembangan situasi.

"Dalam arti bisa menangkap harapan masyarakat ke depan. Tantangannya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Dengan adanya peningkatan tipe ini, Ahmad berharap jajaran Polresta Pati mampu menjawab harapan masyarakat. Utamanya mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat lebih baik lagi.

Ahmad yakin dan percaya jajaran Polresta Pati bisa menjadi pegangan masyarakat dalam permasalahan hukum. "Hal ini juga langkah awal jajaran Pati dalam memberikan pengabdian terhadap masyarakat," tandasnya.