Dari Senin IHSG 'Hijau' Terus, Ini Pilihan Saham untuk Hari Ini
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Kamis 3 Desember. IHSG dibuka menguat 0,49 persen atau 28,78 poin ke level 5.842,76.

Membuka perdagangan, 144 saham menguat, 9 saham nmelemah, 101 saham stagnan. Volume perdagangan pada pembukaan tercatat 242,46 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp204.72 miliar.

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan melanjutkan tren bullish atau penguatan lanjutan, setelah sepanjang perdagangan kemarin bermain di zona hijau dan berakhir menguat 1,56 persen ke level 5.813.

Menurut analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, rentang support-resistance yang dimiliki IHSG berada di level 5.769-5.874.

"Mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG , sehingga indeks berpeluang menuju level resistance," ujar Nafan dalam risetnya.

Dia mengatakan, peluang terjadinya kenaikan lanjutan pada laju IHSG hari bisa direspons investor dengan mengoleksi saham PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Indocement Tunggal Prakarsa TBk (INTP), PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Sementara itu, analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI) Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah menyebutkan IHSG akan bertahan di atas level 5.800.

"Secara teknikal, IHSG memperlihatkan potensi pergerakan fluktuatif yang cenderung menguat," tutur Lanjar.

Sehingga, menurutnya, pergerakan IHSG selanjutnya berpotensi jenuh dan bertahan di level psikologis 5.800 sebagai support konfirmasi pembalikan arah, dengan support-resistance di level 5.738-5.850.