Longsor di Karawang Bikin Jalan Amblas Sepanjang 30 Meter, Akses Kendaraan Terhambat
Longsor melanda Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. (Antara)

Bagikan:

JABAR - Longsor melanda Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu. Hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun tangan membersihkan material longsor itu.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang Yasin Nasrudin menyampaikan, longsor itu menyebabkan amblasnya jalan sepanjang sekitar 30 meter, lebar 4 meter dengan kedalaman 1 meter.

"Bencana longsor terjadi pada Selasa (11 Oktober) sore di Kampung Parakan Badak, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang," kata dia di Karawang, Jawa Barat (Jabar), dikutip dari Antara, Rabu 12 Oktober.

Selain itu, timbunan tanah longsor juga mengakibatkan tertutupnya akses jalan di Kampung Parakan Badak serta satu unit rumah rusak setelah tertimpa pohon tumbang.

"Bencana longsor terjadi akibat hujan deras yang disertai angin kencang," kata Yasin.

Dia menyampaikan, setelah mendapat laporan terkait kejadian bencana itu, tim BPBD langsung berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa, serta ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

"Tim langsung melakukan pembersihan material longsoran yang menutupi jalan dibantu masyarakat dan pihak lainnya," tuturnya.

Saat ini, akses jalan yang sempat tertutup material longsor sudah bisa dilewati setelah dilakukan pembersihan. Namun, lokasi jalan amblas belum tertangani, sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Yasin mengimbau agar masyarakat Karawang meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, karena saat ini memasuki cuaca ekstrem.