Bagikan:

JAKARTA – Ibu Kota belakangan ini dilanda cuaca ekstrim, hujan disertai angin kencang juga petir. Menghadapi situasi tersebut, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengimbau warga untuk waspada terhadap berbagai kemungkinan bahaya kelistrikan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk waspada jika air meninggi dan menyebabkan genangan karena bisa mengancam keselamatan," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengutip Antara, Selasa, 11 Oktober.

Apabila air sudah mulai memasuki rumah, PLN mengimbau pelanggan untuk segera mematikan listrik dari "miniature circuit breaker" (MCB) untuk menghindari bahaya tersengat listrik.

Kemudian, dalam keadaan yang sama, PLN meminta pelanggan memastikan untuk mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung dengan stop kontak demi menghindari terjadinya arus pendek.

"Letakkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau air," ucapnya.

Bila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, masyarakat diharapkan agar dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara kepada PLN.