Bagikan:

SIDOARJO - Kecelakaan maut terjadi di Tol Kejapanan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kecelakaan melibatkan bus pariwisata itu mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, dan puluhan penumpang luka-luka.

"Akibat kecelakaan itu, ada tiga korban meninggal dunia dan puluhan korban alami luka-luka," kata Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi, Senin, 10 Oktober.

Adapun korban meninggal dunia merupakan penumpang, yakni dua warga Krian Sidparjo, Moch Rofik Hidayat (45) dan Yana. Serta satu warga Menganti Gresik, Berryl Chafa (14).

Selain korban meninggal, Dwi menyebut ada enam orang yang mengalami luka berat dan 37 orang yang luka ringan. Kemudian tiga orang dilaporkan sehat. Atas tragedi ini, kerugian material ditaksir Rp20 juta.

"Mengevakuasi korban ke RSUD Sidoarjo, RS Delta Surya Sidoarjo dan RS. Bhayangkara Porong, mengevakuasi kendaraan bus dan menyerahkan penanganan laka ke Polresta Sidoarjo," katanya.

Dwi mengatakan, bus pariwisata dengan nomor polisi AA 1699 ED dikemudikan oleh warga Dusun Gambar RT 02 RW 02 Wonodadi, Blitar , Agus Supriyanto, 51, terlibat kecelakaan tunggal pukul 02.45 WIB. Tepatnya di ruas Tol Kejapanan arah Sidoarjo, KM 762.800/B.

"Semula kendaraan bus yang dikemudikan Agus berjalan dari Bali tujuan Krian tepat pada KM 762.800/B pengemudi bus diduga mengantuk atau mengemudi dengan kecepatan tinggi," katanya.

Karena diduga mengantuk dengan kondisi bus yang melaju dengan kecepatan tinggi, bus pun menabrak guardriil sebelah kiri. Kemudian bus menyerempet tiang beton jembatan, lalu oleng ke kanan menabrak barrier beton pembatas tengah dan posisi terakhir terguling di tengah jalan.

"Tindakan yang telah dilaksanakan, mendatangi TKP dengan pihak tol jasa marga, derek dan patroli, mengamankan arus lalu lintas dan pemberian rambu-rambu, melaksanakan TPTKP, mencari keterangan saksi," ujarnya.