Ledakan Besar-besaran Guncang Kyiv Usai Serangan Terhadap Jembatan Krimea
Ledakan di Kyiv. (Twitter/@NHL__exe)

Bagikan:

JAKARTA - Ledakan besar-besaran mengguncang ibu kota Ukraina dan kota-kota lain selama jam sibuk pada Senin pagi, dalam serangan balas dendam Rusia setelah Presiden Vladimir Putin menyatakan ledakan di jembatan ke Krimea sebagai serangan teroris.

Serangan-serangan itu adalah yang paling intens yang melanda ibu kota Ukraina sejak hari-hari awal perang, membuat penduduk melarikan diri ke tempat perlindungan bom, sementara asap tebal membubung ke angkasa.

Ledakan juga dilaporkan terjadi di Lviv, Ternopil dan Zhytomyr di barat Ukraina dan di Dnipro di Ukraina tengah.

Di salah satu persimpangan jalan tersibuk di Kyiv, sebuah kawah besar telah meledak di persimpangan itu. Mobil meledak, bangunan rusak dan pekerja darurat berada di tempat kejadian. Dua mobil dan sebuah van di dekat kawah hancur total, menghitam dan diadu akibat pecahan peluru, melansir Reuters 10 Oktober.

Jendela-jendela telah diledakkan dari gedung-gedung di Universitas Taras Shevchenko Kyiv. Sementara, pasukan Garda Nasional dengan perlengkapan tempur lengkap dan membawa senapan serbu berbaris di luar gedung serikat pendidikan.

"Ibukota sedang diserang teroris Rusia! Rudal menghantam objek di pusat kota (di distrik Shevchenkivskyi) dan di distrik Solomyanskyi. Sirene serangan udara berbunyi, dan oleh karena itu ancaman terus berlanjut," unggah Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko di media sosial.

"Jalan-jalan pusat Kyiv telah diblokir oleh petugas penegak hukum, layanan penyelamatan sedang bekerja," lanjutnya.

Seorang juru bicara layanan darurat negara bagian mengatakan ada yang tewas dan terluka, meskipun belum memberikan angka korban secara pasti.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut ledakan yang merusak satu-satunya jembatan di atas Selat Kerch ke semenanjung Krimea, adalah "tindakan terorisme yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil yang sangat penting".

"Ini dirancang, dilakukan dan diperintahkan oleh layanan khusus Ukraina," katanya dalam sebuah video di saluran Telegram Kremlin.

Ukraina belum mengaku bertanggung jawab atas ledakan itum tetapi telah merayakannya. Pejabat senior Rusia menuntut tanggapan cepat dari Kremlin, menjelang pertemuan dewan keamanan Putin pada hari Senin.

Diketahui, jembatan itu adalah rute pasokan utama bagi pasukan Rusia di Ukraina selatan dan simbol kendali Rusia atas Krimea, semenanjung yang dicaploknya setelah pasukannya merebutnya pada 2014.