Cuaca Ekstrem di Jakarta pada Level Waspada
Ilustrasi (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, status cuaca ekstrem di Jakarta pada level waspada sehingga berpotensi banjir seperti beberapa waktu sebelumnya.

Provinsi DKI Jakarta diprediksi akan kembali mengalami cuaca ekstrem dengan curah hujan yang cukup tinggi dalam satu pekan ke depan, mulai tanggal 9 hingga 15 Oktober.

"Terdapat potensi curah hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan status waspada di wilayah DKI Jakarta," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta, dikutip Minggu, 9 Oktober.

BPBD DKI Jakarta menjelaskan, cuaca ekstrem di Jakarta satu minggu ke depan ditunjukkan dengan sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

Kemudian, muncul juga aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

"Secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," lanjut keterangan di akun akun Instagram @bpbddkijakarta.

Karena itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan sebagainya.

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman."