Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta lewat bank pembangunan daerah Bank DKI menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan terkait pemanfaatan produk dan layanan jasa perbankan.

Kerja sama tersebut berupa sistem pembayaran otomatis peserta iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) lewat rekening Bank DKI hingga penyediaan kantor ATM di Kantor BPJS Kesehatan.

"Melalui pendantanganan kerjasama tersebut, Bank DKI siap mendukung jalannya program Jaminan Kesehatan Nasional melalui sejumlah pemanfaatan produk dan layanan perbankan yang dimiliki oleh Bank DKI," kata Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangannya, Kamis, 6 Oktober.

Herry mengungkapkan, kerja sama ini sejalah dengan amanah yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan terbaik bagi 243 juta peserta Program JKN. Ia berharap, melalui kerjasama ini dapat memberikan layanan perbankan terbaik bagi peserta Program JKN tersebut.

“Tentunya kita berharap, melalui sinergi kolaborasi bersama BPJS Kesehatan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi berarti bagi peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat”, urai Herry.

Sebagai tambahan, Bank DKI telah berkolaborasi bersama sejumlah RSUD, diantaranya RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu dan RSU Adhyaksa dalam hal digitalisasi pembayaran tagihan di rumah sakit tersebut.

Dukungan tersebut meliputi penyediaan platform pembayaran seperti mesin EDC untuk pembayaran tagihan rumah sakit bagi pasien, hingga transaksi pembayaran dengan Quick Response Indonesian Standard atau QRIS.

"Bagi pasien rumah sakit yang sudah mendownload JakOne Mobile dapat langsung melakukan scan pada QRIS yang tersedia pada loket pembayaran. Penerapan transaksi non tunai melalui EDC dan QRIS tersebut diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pasien," jelas dia.