Proyeksi APBD Surabaya 2023 Capai Rp11,2 Triliun, Fokus Pendidikan-Beasiswa hingga Jaminan Kesehatan Warga
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (ANTARA/HO-Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Proyeksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya pada tahun 2023 diproyeksikan mengalami peningkatan dari APBD sebelumnya sebesar Rp10,6 triliun menjadi Rp11,2 triliun.

"Ini pertanda bahwa laju ekonomi di Kota Surabaya juga membaik. Mari kita jaga dan gunakan sebesar-besarnya APBD 2023 untuk kepentingan warga Surabaya," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dilansir ANTARA, Kamis, 6 Oktober.

Menurut dia, proyeksi APBD 20223 tersebut telah disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Surabaya tentang Pengantar Nota Keuangan Rancangan APBD 2023.

Cak Ji panggilan lekatnya mengatakan fokus perhatian utama dari APBD 2021 di antaranya pendidikan, kesehatan dan pemulihan ekonomi kerakyatan.

Untuk anggaran pendidikan dan kesehatan di tahun 2023, direncanakan masing-masing lebih dari 23 persen. Anggaran tersebut di antaranya digunakan untuk beasiswa dan jaminan kesehatan semesta bagi warga Surabaya.

Cak Ji juga mengatakan, penguatan sektor UMKM juga menjadi perhatian Pemerintah Kota Surabaya melalui membuka akses permodalan pinjaman lunak dan kemitraan hingga pembinaan serta pendampingan UMKM.

Untuk itu, Cak Ji berharap dalam pembahasan Rancangan APBD Surabaya 2023 di DPRD Surabaya yang dimulai pada Oktober ini dapat berjalan lancar dan dalam penyusunannya mendapatkan masukan yang konstruktif untuk kepentingan bersama.

"Semoga APBD 2023 bisa dimanfaatkan untuk kebaikan warga Surabaya," kata Armuji.