Bagikan:

JAKARTA - Satgas SDA Satpel Kecamatan Makasar dan PPSU Kelurahan Makasar melakukan penanganan longsor di badan jalan dan tebing Jalan Kerja Bakti VII, RT 09/04, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Terjadinya longsoran tanah itu dikarenakan guyuran hujan sehingga tebing dengan panjang sekitar 12 meter dan tinggi 11,5 meter itu ambrol.

Penanganan sementara dilakukan dengan pemasangan kayu dolken pada Rabu, 5 Oktober. Lokasi longsor merupakan satu-satunya akses bagi warga di RW 07 Kelurahan Makasar, walaupun lokasi kejadian berada di wilayah RT 09/04.

Pihak pengurus RW 07 terpaksa menutup jalan tersebut agar tidak dilintasi kendaraan mobil. Sebab badan jalan banyak yang retak dan sebagian sudah longsor hingga ke tebing Kali Cipinang.

Camat Makassar, Kamal Alatas mengatakan, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Sudin Sumber Daya Air Kota Jakarta Timur untuk dilakukan penanganan cepat.

"Langkah awal untuk mencegah terjadinya longsor susulan, sudah dilakukan penanganan sementara di lokasi kejadian dengan dipasangi kayu dolken," katanya kepada wartawan, Rabu, 5 Oktober.

Camat juga akan meminta pengurus RT/RW setempat agar melarang kendaraan jenis mobil untuk melintas di sekitar lokasi.

"Kondisi lokasi karena rawan," ucapnya.

Pihaknya berharap perbaikan tidak hanya di lokasi longsor saja, namun yang ada di sekitarnya yang rawan longsor juga harus dilakukan perbaikan. Agar tidak terjadi longsor susulan di kemudian hari.

Ketua RW 07 Kelurahan Makasar, Nyoto Hedi Sumarsiono mengatakan, kejadian longsor terjadi ketika cuaca hujan deras pada Selasa kemarin. Saat kejadian kondisi lengang sehingga tidak ada kendaraan atau warga terkena dampak.

Saat ini pihaknya sudah menutup jalan tersebut agar tidak dilintasi kendaraan. Sementara, kendaraan mobil milik warga RW 07 diarahkan untuk parkir sementara di GOR Makasar. Pihaknya juga sudah koordinasi dengan pengelola GOR untuk menampung sementara mobil warganya.

"Akses sementara kita tutup untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Kemudian semua mobil sudah diarahkan untuk parkir sementara di GOR Ciracas. Karena lokasi longsor juga akan ditangani Sudin SDA," katanya.