Tatap Pemilu 2024, PDIP Sumut Buka Penjaringan Caleg
Sekretaris DPD PDIP Sumut, Soetarto

Bagikan:

MEDAN - PDI Perjuangan Sumatera Utara (Sumut) membuka penjaringan calon legislatif (Caleg) untuk tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Sekretaris DPD PDIP Sumut, Soetarto mengatakan, penjaringan Bacaleg tersebut sudah berlangsung selama 3 pekan. 

"Kita sudah melakukan penjaringan dan seluruh DPC partai dari semua tingkatan kabupaten dan provinsi itu harus mengusulkan Bacalegnya 200 persen," kata Soetarto, Selasa 4 Oktober.

Pihaknya akan melakukan proses penyaringan di internal partai. Kemudian setelah itu para Bacaleg akan tes psikotes. 

"Tahap berikutnya akan ada penyaringan dan penetapan, sehingga nanti pada saat mendaftar internal partai sudah selesai tinggal mendaftarkan tahun 2023 yaitu Februari," ungkapnya.

Anggota DPRD Sumut ini mengatakan, pihaknya telah mendaftarkan seluruhnya yang direkomendasikan pengurus DPC melalui link atau jalur online yang disediakan oleh DPP PDIP. 

"Dan hari ini sudah terdaftar kita hampir 90 persen dalam arti dari 200 persen. Sehingga masih ada beberapa yang harus kami saring kembali ada beberapa dokumen ada nanti tinggal kita link ke DPP," ujarnya.

"Misalnya DPRD Sumut ada 100 alokasi kursi, maka DPD PDIP Sumut harus mengusulkan ke DPP 200 persen berarti 200 bacaleg," sambungnya.

Soetarto menegaskan, PDIP secara terbuka dan transparan akan menerima Bacaleg diluar kader partai. Ia juga menyarankan, kepada tokoh-tokoh masyarakat yang ingin mendaftar dan ingin mengikuti penjaringan, PDIP secara umum terbuka. Ini juga sudah disosialisasikan di tingkat DPC baik dari media dan media sosial.

"Jadi silakan bagi tokoh-tokoh masyarakat yang ikut penjaringan bacaleg PDIP, kita persilahkan secara terbuka yang paling utama prinsipnya ada komitmen pada ideologi, pancasila UUD 45, kemudian bhineka tunggal ika dan NKRI, ini saja menjadi persyaratan utama bagi PDIP yang ingin mengikuti penjaringan untuk di bacalag ke depan," pungkasnya.