Anies Diduga Tertular COVID-19 dari Wagubnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduga dirinya tertular COVID-19 dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang lebih dulu terinfrksi virus corona.

Sementara, Riza terdeteksi tertular dari staf pribadinya yang lebih dulu tertular lewat klaster keluarga. 

Sebenarnya Anies telah menjalani tes swab atau usap pada Rabu, 25 November namun hasilnya negatif. Saat mendapat kabar Riza terkonfirmasi positif sejak 27 November lalu, Anies kembali melakukan tes.

"Setelah mendengar kabar pak wagub positif, sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai dengan protokol kesehatan saya kembali melakukan tes," kata Anies dalam keterangannya, Selasa, 1 Desember.

Anies lalu menjalani swab antigen pada Minggu, 29 November sebagai tracing dari kasus positif Riza dan hasilnya negatif. Lalu, hari Senin, 130 November Anies kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen sebelumnya.

"Ternyata, malamnya dini hari saya dapat kabar kalau hasilnya positif, hasil tes PCR saya positif COVID-19.

Anies meminta semua orang yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir untuk melakukan tes usap PCR. 

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test," kata Anies.

Selain itu, Anies telah memerintahkan Dinas Kesehatan DKI untuk menghubungi siapa saja orang yang sebelumnya melakukan kontak erat dengan Anies.

"Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," ucapnya.

Hasil ini menyusul Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang sebelumnya dinyatakan positif sejak Jumat, 27 November lalu.

Anies menyebut bahwa dirinya saat ini dalam keadaan baik dan masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Sekarang, dirinya menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," kata Anies.