Setelah Anies Jadi Capres, PKS Singgung Saling Percaya dengan NasDem dan Demokrat
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Anies Baswedan (Foto via PKS)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, menyambut baik Partai NasDem yang resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024. PKS berharap, keputusan tersebut mendatangkan kebaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"PKS memandang bahwa figur Bapak Anies Rasyid Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang," ujar Syaikhu kepada wartawan, Senin, 3 Oktober.

Syaikhu mengatakan, partainya menghormati sikap NasDem yang memilih lebih awal untuk mendeklarasikan Capres 2024. Menurutnya, setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan.

"Dan keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro," kata Syaikhu.

Syaikhu lantas menyinggung soal saling percaya antara PKS dan NasDem, juga Demokrat sebagai calon kawan koalisinya. Dia menilai, keputusan NasDem mewakili keputusan PKS untuk memilih calon presiden yang terbaik.

"Kami bersyukur bahwa komunikasi politik antara PKS, Partai NasDem dan Partai Demokrat berlangsung sangat baik, terbuka, setara dan mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia," kata Syaikhu.