PAN Ucapkan Selamat NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024, KIB Kapan?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/DOK Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dideklarasikan Partai NasDem sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. 

"PAN mengucapkan selamat kepada Mas Anies yang secara resmi dicalonkan NasDem sebagai calon presiden 2024," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan, Senin, 3 Oktober. 

Viva mengatakan, pengumuman pencalonan Anies sebagai capres yang diusung NasDem akan menambah semarak demokrasi jelang pesta demokrasi lima tahunan.

"Pengumuman ini akan menambah semarak demokrasi konstitusional dapat berjalan dengan baik," kata Viva.

Meski begitu, Viva mengingatkan NasDem belum memenuhi ambang batas persyaratan pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen. Artinya, NasDem tidak bisa mengusung Anies jika tidak punya tema koalisi. 

"Setiap pasangan calon di pilpres mesti diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi persyaratan presidential threshold 20 persen kursi DPR RI. Hal ini termaktub di pasal 222 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu," jelas Viva. 

"Jadi untuk capres atau cawapres tidak ada paslon perorangan, sebagaimana calon gubernur, bupati atau walikota," imbuhnya.

Viva lantas menyebut partainya juga telah menetapkan Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat capres 2024.

"Mas Anies telah ditetapkan resmi oleh PAN sebagai salah satu kandidat di pilpres 2024 dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN," ungkap Viva.

Namun kata dia, PAN akan memutuskan nama capres dan cawapres bersama Golkar dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"(Tapi) PAN akan memutuskan paslon pilpres bersama-sama dengan Golkar dan PPP karena telah berikrar di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)," pungkasnya. 

Anies Baswedan resmi menerima pencalonan dirinya sebagai Capres yang diusung Partai NasDem pada Pilpres 2024, Senin, 3 Oktober.

“Saya bersiap membangun kolaborasi yang solid untuk melaksanakan apa yang telah diamankan oleh Partai Nasdem, dan saya menerima pencalonan ini,” kata Anies Baswedan.

Anies mengatakan pencalonan dirinya sebagai Capres untuk Pilpres 2024, tak membuatnya lupa akan tanggung jawabnya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan habis masa berlaku dalam dua pekan ke depan.

“Bismillah kami terima. Kami siap,” ungkap Anies.