Janet Yellen Kandidat Kuat Menkeu AS Bikin Rupiah Dibuka Menguat
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka menguat pada perdagangan Selasa 1 Desember. Rupiah dibuka menguat 0,02 persen ke level Rp14.117 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, sentimen pasar kelihatan cukup positif pagi ini. Vaksin yang akan dirilis masih menjadi sentimen positif, meski di sisi lain kasus COVID-19 semakin meninggi.

"Kabar soal nominasi Janet Yellen sebagai mentri keuangan AS juga bisa memberikan sentimen positif untuk aset berisiko. Yellen yang mantan Gubernur Bank Sentral AS ini bisa bekerja sama dan menyelaraskan program pemulihan ekonomi dengan kebijakan Gubernur the Fed yang sekarang," ujar Ariston kepada VOI.

Rupiah menurutnya, bisa terbantu menguat hari ini setelah kemarin tertekan akibat aksi taking profit di IHSG.  Data lain yang perlu diperhatikan adalah data inflasi Indonesia.

"Bila data menunjukkan kenaikan, hal tsb positif untuk rupiah. Karena kenaikan inflasi bisa mengindikasikan pulihnya konsumsi. Potensi kisaran rupiah hari ini Rp14.050-14.200 per dolar AS," jelasnya.

Pagi ini, mayoritas mata uang di kawasan Asia terpantau melemah terhadap dolar AS. Yen Jepang melemah 0,04 persen, won Korea Selatan melemah 0,08 persen.

Kemudian peso Filipina melemah 0,02 persen, rupee India melemah 0,22 persen, yuan China menguat 0,06 persen, dan ringgit Malaysia melemah 0,18 persen.

Sementara dolar Singapura menguat 0,16 persen dan dolar Taiwan menguat 0,04 persen, sedangkan baht Thailand menguat tipis 0,01 persen.