Libatkan Koopsau dan Kopasgat, TNI AU Gelar Latihan Militer Besar-besaran 'Angkasa Yudha 2022' Akhir November
Prajurit TNI AU terjun dari pesawat Hercules saat latihan puncak Komando Operasi Angkatan Udara II Sikatan Daya 2020, di Jatim, September 2020. (ANTARA-Dispen TNI AU)

Bagikan:

JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) akan menggelar latihan militer besar-besaran. Rencananya latihan bertajuk Angkasa Yudha 2022 itu akan digelar pada akhir November hingga awal Desember.

Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU, Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono, mengatakan latihan puncak Angkasa Yudha akan diselenggarakan secara daring atau online dan langsung.

Untuk latihan gladi posko dijadwalkan berlangsung pada 21 -25 November 2022. Selanjutkan digelar P2O & Wargaming pada 28 November-2 Desember 2022.

"Latihan dilaksanakan di Seskoau (Kolat) Bandung dan di Koopsud I, II, III," kata Tonny selaku Direktur Latihan Angkasa Yudha 2022 dalam keterangan persnya, Jumat 30 September.

Ilustrasi prajurit TNI AU terjun dari pesawat saat latihan militer. (Antara-Septianda P)

 

Pada saat memaparkan kesiapan latihan kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Tonny mengatakan latihan Angkasa Yudha 2022 akan melibatkan beberapa satuan jajaran TNI AU.

Adapun yang terlibat di antaranya Komando Operasi Udara (Koopsau) I, Koopsau II, Koopsau III dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

"Latihan puncak Angkasa Yudha yang diikuti ratusan personel bertujuan memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan Komando Pelaksana Operasi Koopsudnas dan satuan jajarannya dalam menyusun rencana operasi udara gabungan dan Air Task Order pada rencana kampanye militer Kogab TNI," ujar Tonny.

Latihan itu bakal mengusung tema Kogasudgab, dengan pelaksanaan operasi udara gabungan untuk menghadapi ancaman musuh di mandala operasi dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI.

KSAU ​​​​​​​mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodiklatau selaku Dirlat, Komandan Seskoau dan tim KP yang telah menyiapkan dengan baik latihan Angkasa Yudha Tahun 2022 ini.

"Saya berpesan apa yang sudah didiskusikan dapat dijadikan masukan dalam penyempurnaan naskah latihan serta pedomani evaluasi latihan-latihan sebelumnya, dengan harapan latihan Angkasa Yudha Tahun 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata KSAU.

Sejumlah pejabat utama Mabes TNI AU turut hadir dalam pemaparan latihan puncak Angkasa Yudha 2022 tersebut, di antaranya Wakil KSAU Marsdya TNI A. Gustaf Brugman dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsdya TNI Andyawan Martono Putro.