Wagub Cok Ace Minta Harga Tiket Pesawat ke Bali Diturunkan
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace)/DOK Humas Pemprov Bali

Bagikan:

BADUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace meminta pemerintah lewat Kementerian Perhubungan menurunkan harga tiket penerbangan domestik ke Bali. Harga tiket yang dinilai saat ini mahal berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

"Yang (penerbangan) domestik terutama, karena terasa harga tiket cukup mahal itu yang kami resahkan. Kalau bisa, harga domestik (diturunkan) terutama, karena biasanya rasio kami antara yang wisman sama yang domestik minimal 1,5 atau 2 kali lipat lebih daripada wisman tapi sekarang selisihnya sedikit sekali," kata Cok Ace di Badung, Bali, Rabu, 28 September.

Komunikasi dengan Menhub Budi Karya Sumadi menurut Cok Ace sudah dilakukan. Gubernur Bali disebut intens berkoordinasi terkait persoalan ini.

Cok Ace membandingkan harga tiket pesawat penerbangan domestik ke Bali sebelum pandemi berkisar Rp1 juta-Rp1,2 juta. Tapi saat ini sudah Rp1,8 juta

Kalau bisa diturunkan lagi (sekitar) Rp1,4 juta. Tapi terserah, ini kan banyak kajian permohonan kami mungkin di luar kemampuan untuk memenuhi dan intinya bahwa kami ingin ada kebijakan yang bisa membantu untuk domestik ke Bali," papar Cok Ace.

Penerbangan ke Bali disebut perlahan meningkat setelah pandemi mereda. Tingkat kunjungan wisatawan lokal pun terdongkrak.

“Pemerintah Provinsi sebenarnya sudah menyampaikan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, untuk mencarikan jalan bagaimana caranya biar penerbangan dan lain sebagainya (ada solusinya)," ujarnya.