Lebih dari 2.500 Personel Gabungan TNI-Polri Amankan Kedatangan VVIP di Baubau
Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 2.506 personel gabungan TNI-Polri di Sulawesi Tenggara (Sultra) disiagakan untuk mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara serta rombongan lainnya di Kabupaten Kota Baubau.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo Lettu Inf Rusmin Ismail mengatakan, ribuan personel tersebut akan melakukan pengamanan di tiga daerah, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, dan Buton Selatan.

"Pelaksanaan apel gelar pasukan yang dipimpin Danrem 143/Haluolro sudah dilaksanakan yang melibatkan 2.506 personel gabungan TNI-Polri, Damkar, Dishub, Kesehatan, Basarnas, dan Satpol PP," kata dia, Senin 26 September.

Dia menjelaskan, personel gabungan akan melakukan pengamanan di jalur yang dilalui dan tempat yang bakal dikunjungi oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dia menyatakan, dalam sambutan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso yang dibacakan oleh Danrem 143/Haluoleo Komandan Korem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya menekankan, agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

"Untuk mencapai hal itu, Danrem menekankan agar diperlukan kerja sama dan komunikasi yang terintegrasi dengan semua pihak terkait," ujar dia pula.

Selain itu, seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan diminta agar memaksimalkan persiapan demi kelancaran kunjungan kerja Presiden Jokowi di tiga daerah tersebut.

Seluruh personel diminta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, menciptakan sinergi yang solid serta segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif terhadap setiap kendala sekecil apa pun.

Presiden Jokowi diagendakan bakal mengunjungi Kota Baubau, Sultra dalam rangka penyerahan bantuan subsidi upah (BSU) dan bantuan langsung tunai (BLT) dampak penyesuaian harga BBM pada 26 sampai dengan 27 September 2022.

Deputi Kepala Sekretariat Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI Mohamad Yusuf Permana mengatakan, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana bakal bertolak menuju Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan sekitar pukul 16.00 WIB pada Senin 26 September 2022.

“Pada pukul 19.45 WITA, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo,” katanya lagi.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana menuju Bandara Haluoleo untuk kemudian menuju Kota Baubau.

Di Kota Baubau, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian menuju lokasi penyerahan Bantuan Subsidi Upah dan Pemberian Bantuan Modal Kerja.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan kemudian menuju Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan dengan agenda yang sama.

“Dari Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan, acara selesai, selanjutnya Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan rombongan menuju Bandara Betoambari, Kota Baubau, selanjutnya lepas landas menuju Ternate,” kata Deputi Kepala Sekretariat Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI Mohamad Yusuf Permana.