BPBD Beri Bantuan 4 Ton Beras untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Cianjur
Sisa banjir di rumah terdampak bencana di Cianjur, Jawa Barat. (Antara)

Bagikan:

JABAR - BPBD menyalurkan bantuan beras sebanyak 4 ton untuk korban bencana alam banjir dan tanah longsor di beberapa kecamatan di wilayah selatan Cianjur, Jawa Barat.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan beras itu diambil dari cadangan di gudang Bulog Cianjur. Untuk meringankan beban korban bencana alam, pihaknya juga menyalurkan alat kebersihan serta pakaian.

"Kita berikan bantuan pangan dan sandang untuk warga korban bencana alam banjir dan longsor yang terjadi di beberapa kecamatan di wilayah selatan, mulai dari Cibeber, Campaka, Leles, dan Sindangbarang," katanya di Cianjur, dikutip dari Antara, Minggu 25 September.

Herman menjelaskan, bantuan beras sebanyak 4 ton itu akan disalurkan BPBD Cianjur berkoordinasi dengan dinas terkait dan pihak kecamatan, sehingga pendistribusian tepat sasaran untuk warga korban banjir dan terdampak lainnya.

"Kami juga mengimbau warga di seluruh wilayah Cianjur untuk waspada dan segera mengungsi ketika melihat tanda alam akan terjadinya bencana karena sebagian besar wilayah Cianjur masuk dalam zona merah bencana alam di Jawa Barat," tutur Herman.

Saat ini warga korban banjir di sejumlah wilayah selatan Cianjur mulai membersihkan rumah dari lumpur sisa banjir.

Warga di Kecamatan Leles dan Sindangbarang menjadi korban bencana cukup parah. Banjir dengan ketinggian mulai 1 sampai 2 meter merendam perkampungan di dua kecamatan itu.

Herman menuturkan, tidak ada warga yang mengungsi. Namun, sebagian besar warga kehilangan harta benda dan barang berharga lainnya yang terbawa air bah mencapai ketinggian 2 meter.