Pasar Pangan Murah, Pemkot: Semoga Tekan Laju Inflasi Kota Depok
Ilustrasi pasar tradisional. (Antaranews)a

Bagikan:

DEPOK - Kepala DKP3 Kota Depok Widyati Riyandani berharap Pasar Pangan Murah yang digelar di Depok dapat mempermudah masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau. Termasuk menekan laju inflasi di kota tersebut.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mampu menekan laju inflasi yang terjadi di Kota Depok, itu yang menjadi harapan kita bersama," ujarnya di Depok, Jawa Barat (Jabar), dikutip dari Antara, Minggu 25 September.

Widyati menambahkan, komoditas pokok seperti beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan gula pasir dijual lebih murah dibanding pasaran.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, pasar murah mendapat apresiasi dari masyarakat yang hadir," ujarnya.

Pasar Pangan Murah ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura (Toko Tani Indonesia Center) Kementerian Pertanian (Kementan). Penyelenggaraannya dilaksanakan di dua lokasi, yakni Kecamatan Cimanggis, Rabu 21 September dan Pasar Depok Jaya, Kamis 22 September.

Widyati mengatakan, selain harganya lebih murah, kualitasnya juga bagus sehingga diharapkan bahwa kegiatan serupa dapat digelar secara rutin per bulan dengan jenis komoditas yang lebih beragam dan jumlahnya lebih banyak.

Salah seorang warga Depok, Surya, mengatakan Pasar Pangan Murah ini membantu warga memperoleh harga bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

Menurutnya, di saat harga komiditas pangan sedang naik, barang-barang yang dijual lebih murah dan kualitas barang bagus.

Harga komoditas yang dijual pada Pasar Pangan Murah, seperti bawang merah brebes, Rp29.000 per kg, cabai rawit merah dan cabai merah keriting Rp55.000 per kg, dan bawang putih kating Rp26.000 per kg.

Berikutnya, ayam broiler Rp34.000 per kg, telur ayam Rp25.000 per kg atau Rp46.000 per tray, daging sapi sop Rp75.000 per kg, daging semur Rp85.000 per kg, daging rendang Rp95.000 per kg. gula pasir kemasan Rp13.000 per kg, dan minyak goreng kemasan mulai dari Rp14.000 per liter sampai Rp16.000 pr liter.