Renovasi Rampung, Stadion Gelora Bung Tomo Dipastikan Risma Siap untuk Piala Dunia U-20
Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya (DOK. Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memastikan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yang disesuaikan dengan standar Federation of International Football Association (FIFA) sudah rampung. Bahkan, lift, rumput serta single seat semuanya sudah terpasang.

"Termasuk pemasangan lampu juga sudah selesai, sekarang tinggal instalasi ke PLN," kata Risma, di Surabaya, Jumat, 27 November.

Tapi Risma meminta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya mempercantik ruangan-ruangan yang sudah renovasi. Misalnya di setiap pintu toilet harus diberi nomor. "Saya minta ada nomornya di setiap pintu. Lalu kalau habis membersihkan jangan lupa dikunci ruangannya," kata Risma.

Selain itu, Risma juga memastikan saat ini jajarannya tengah mengebut pembangunan atau renovasi di luar stadion, seperti pengerjaan akses jalan, lahan parkir dan tiga lapangan latihan rampung akhir tahun ini. Sedangkan untuk akses jalan baru yang dikerjakan oleh Dinas PU Bina Marga akan rampung sekitar Maret-April tahun 2020.

"Saya juga berencana menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Kita lihat nanti sambungan tambahan dayanya itu. Karena ini cukup besar bukan hanya stadion tapi juga komplek, jalan-jalan baru, tiga lapangan latihan butuh penerangan," ujarnya.

Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya (DOK. Pemkot Surabaya)

Risma mengatakan GBT sudah siap menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Risma berpesan kepada masyarakat saat pelaksanaan Piala Dunia tiba, yang paling penting warga harus menjadi tuan rumah yang baik dan ramah. 

Menurutnya, tuan rumah yang ramah akan menjadi daya pikat tersendiri bagi orang asing atau wisatawan untuk  datang kembali ke Kota Pahlawan.

"Jadi, orang betah itu tidak mesti terkesan dengan sesuatu yang mewah. Tapi bisa juga terkesan karena keramah-tamahannya, dan di Surabaya itu yang sangat terkenal," pungkasnya.