Tak Mau Kalah, Relawan Ganjar Bakal Bentuk Dewan Kopral Saingi Dewan Kolonel
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/DOK Humas Pemprov Jateng via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah anggota DPR Fraksi PDIP membentuk sebuah tim bernama 'Dewan Kolonel' untuk mendukung sekaligus mempersiapkan Ketua DPR Puan Maharani maju sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Dewan Kolonel bahkan sudah membentuk posko-posko 'pemenangan' dan akan bergerak jika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menunjuk Puan Maharani sebagai capres. 

Tak mau kalah, Ketua relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan, pihaknya juga bakal membentuk Dewan Kopral untuk menyiapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadapi Pilpres 2024 sebagai capres. 

Noel optimistis Dewan Kopral bisa bersaing dengan Dewan Kolonel yang dibuat untuk meningkatkan citra dan elektabilitas Ketua DPP PDIP itu. 

"Kita bakal membentuk juga namanya dewan kopral. Kalau elite bisa bentuk dewan kolonel, kita akan bentuk dewan kopral," ujar Noel dikonfirmasi VOI, Rabu, 21 September. 

Noel menyatakan, GP Mania serius dalam membentuk Dewan Kopral ini. Sebab kata dia, anggota Dewan Kopral lebih banyak karena berisikan elemen masyarakat, bukan elite politik.

"Seluruh komponen pendukung, relawan mas Ganjar. Entah itu dari kiai, mahasiswa, buruh, tani, kita akan membentuk dewan kopral," tegas Noel.

Menurut Noel, penentu kemenangan Pemilu adalah suara rakyat. Karenanya, dia meyakini suara elite yang diakomodasi melalui Dewan Kolonel pasti akan kalah.

"Biar bagaimana pun, kolonel dan kopral, lebih banyak kopral. Suara buat pemilu dalam konteks demokrasi itu ditentukan oleh quantity. Nah, quantity ini lebih banyak kopral dibanding kolonel kan. Perwira itu dibanding kopral kan banyakan kopral lah," katanya.

Noel menambahkan, Dewan Kopral akan diresmikan dalam waktu dekat. Deklarasi, kata dia, akan digelar di seluruh Indonesia lengkap dengan mengumumkan struktur organisasinya. 

"Nanti ada, kita akan sampaikan strukturnya dewan kopral itu," pungkas Noel. 

Sebelumnya, Anggota DPR Fraksi PDIP yang merupakan pengusul Dewan Kolonel, Johan Budi, menegaskan pembentukan tim ini bukan karena takut Puan kalah saing dengan Ganjar. Melainkan untuk mendukung dan memenangkan Puan Maharani apabila sudah ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi capres 2024 itu

"Bukan, bukan takut kalah. Soal kalah atau menang itu belakangan. Saya sih tidak takut kalah. Itu urusan kedua buat saya. Tapi saya pendukung Mba Puan. Nah, di situ oke saya sebut dewan kolonel," ujar Johan Budi di gedung DPR, dikutip Rabu, 21 September.  

Johan menjelaskan Dewan Kolonel yang beranggotakan dua belas orang dengan dua jenderal itu tidak memiliki program khusus selain mendukung Puan nyapres. Dia juga menegaskan tim ini tidak terkait dengan DPP PDIP. 

"Sudah begitu saja. Tidak ada program yang pasti. Tidak terkait dengan DPP," katanya.