Korsel Menggagalkan Upaya Korut yang Hendak Meretas Data Vaksin COVID-19
Ilustrasi (Unsplash/Mika Bauimester)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Intelijen Korea Selatan (Korsel) berhasil menggagalkan upaya Korea Utara (Korut) untuk meretas perusahaan-perusahaan yang mengembangkan vaksin COVID-19. Informasi tersebut berasal dari laporan seorang anggota komite intelijen parlemen yang dikutip News1

Melansir Reuters, Jumat 27 November, anggota parlemen Ha Tae-keung mengatakan telah diberi pengarahan oleh Badan Intelijen Nasional Korsel. Namun badan tersebut tidak merinci berapa banyak dan pembuat obat mana yang menjadi sasaran peretasan Korut. Tidak ada kerusakan dari upaya peretasan tersebut. 

Minggu lalu, Microsoft melaporkan adanya usaha peretasan yang dilakukan untuk pemerintah Rusia dan Korut. Peretas tersebut mencoba membobol jaringan tujuh perusahaan farmasi dan peneliti vaksin di Korsel, Kanada, Prancis, India, dan Amerika Serikat (AS). Mereka menargetkan perusahaan farmasi yang terlibat dalam upaya pengembangan vaksin COVID-19.

Raksasa teknologi itu juga mengatakan bahwa untuk sementara berhasil memblokir mayoritas serangan. Microsoft mengatakan telah memberi tahu perusahaan yang terkena dampak, tetapi menolak menyebutkan nama mereka.

“Kami pikir serangan ini tidak masuk akal dan harus dikutuk oleh semua masyarakat yang beradab,” kata Tom Burt, kepala keamanan dan kepercayaan pelanggan Microsoft, dalam sebuah postingan blog.

Mengutip TechCrunch, raksasa teknologi itu menyalahkan serangan itu pada tiga kelompok peretas yang berbeda. Grup Rusia, yang disebut Microsoft Strontium tetapi lebih dikenal sebagai APT28 atau Fancy Bear. Rusia menggunakan serangan penyemprotan kata sandi untuk menargetkan korban mereka, yang seringkali melibatkan kata sandi yang didaur ulang atau digunakan kembali. 

Fancy Bear mungkin terkenal karena disinformasi dan operasi peretasan menjelang pemilihan presiden 2016, tetapi kelompok itu juga disalahkan atas serangkaian serangan profil tinggi lainnya terhadap outlet media dan bisnis.

Dua kelompok lainnya didukung oleh rezim Korut, salah satunya disebut Zinc tetapi lebih dikenal sebagai Lazarus Group. Mereka menggunakan email spearphishing yang menyamar sebagai perekrut dalam upaya mencuri kata sandi dari korban mereka. Lazarus disalahkan atas peretasan Sony pada 2016 dan serangan ransomware WannaCry pada 2017, serta serangan yang didorong malware lainnya.

Pada Juli, peretas yang didukung China juga dituduh menargetkan perusahaan bioteknologi Moderna, pengembang penelitian vaksin COVID-19 terkemuka di AS. Awal bulan ini, Moderna mengatakan vaksinnya telah terbukti 94,5 persen efektif dalam uji coba skala besar.

Upaya peretasan di Korsel terungkap ketika negara itu bergulat dengan gelombang ketiga pandemi. Pada Jumat 27 November, dilaporkan 569 kasus baru, hari kedua berturut-turut bahwa kasus COVID-19 telah meningkat lebih dari 500 kasus.

Namun, tingkat kematian tetap rendah dengan satu kematian lagi dilaporkan, menjadikan jumlah total kematian keseluruhan menjadi 516 kasus, terendah di antara negara maju.