Terima Menlu Retno Marsudi, Sekjen PBB Pastikan Hadiri KTT G20 di Bali
Menlu RI Retno Marsudi bersama Sekjen PBB Antonio Guterres. (Sumber: Kemlu RI/Andi Barus)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Antonio Guterres dikabarkan akan menghadiri KTT G20 yang akan digelar di Bali, November mendatang.

Hal itu dikonfirmasi saat Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, menemui Sekjen PBB di sela-sela agenda High Level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat.

"Menlu RI sampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT G20 nanti. Menlu Retno juga sampaikan mengenai pentingnya KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia," sebut Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangannya Senin 19 September.

"Menlu RI menjelaskan mengenai persiapan KTT G20 di Bali 15-16 November 2022," sambung kementerian.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI dan Sekjen PBB juga membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama.

Selain itu, Menlu RI juga melakukan tukar pikiran mengenai perkembangan Myanmar. Keduanya memiliki keprihatinan dan kekecewaan yang sama terhadap Junta Militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk 5 Point of Consensus (5PC) yang telah dimandatkan oleh Pemimpin ASEAN pada April 2021.

"Sekjen PBB sampaikan kembali dukungannya terhadap 5PC ASEAN. Komunikasi dan koordinasi Indonesia dengan PBB akan semakin intensif mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023," tulis Kementerian Luar Negeri.

​Diketahui, Sidang ke-77 Majelis Umum PBB dibuka pada 13 September 2022. High Level Week (HLW) berlangsung tanggal 20-26 September 2022 di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat.

Adapun tema HLW tahun ini adalah "A watershed moment: transformative solutions to interlocking challenges".