Dirawat di RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Minta Tidak Dijenguk
Rizieq Shihab saat berorasi di kediamannya (Foto: Irfan Meidianto)

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab dikabarkan dirawat di Rumah Sakit UMMI Bogor, Jawa Barat. Hal ini dibenarkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Saya sudah komunikasi dengan pimpinan RS Ummi. Betul, Habib Rizieq masuk rumah sakit tersebut sejak kemarin," kata Bima saat dikonfirmasi VOI, Kamis, 26 November.

Berdasarkan informasi yang didapat Bima, Rizieq dirawat karena kelelahan. Kondisi kesehatan Rizieq saat ini cukup baik, namun masih akan diperiksa lebih lanjut oleh pihak rumah sakit.

"Beliau sudah dilakukan pemeriksaan, dan sejauh ini kondisi kesehatannya baik. Tapi masih akan terus diobservasi," tutur Bima.

Saat ini, Bima menyebut bahwa Rizieq belum melakukan tes swab COVID-19 karena tidak mengalami gejala virus corona. Namun, Rizieq saat ini tidak ingin dijenguk oleh orang lain.

"Menurut pihak rumah sakit, beliau meminta tidak dijenguk karena ingin istirahat," sebutnya.

 

Dihubungi terpisah, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif membantah bahwa Rizieq menjalani perawatan. Kata Slamet, Rizieq sebatas memeriksa kesehatannya secara umum.

"Alhamdulillah, beliau (Rizieq) sehat, hanya general check saja," tutur Slamet.

Terkait potensi penularan COVID-19, beberapa waktu lalu sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu, 21 November. Hal itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19. 

Namun, Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Sehingga, pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab sudah menjalani tes swab. Hasilnya, Rizieq Shihab disebut negatif COVID-19.

"Habib Rizieq sudah dites kemarin (Minggu, 22 November). Hasilnya keluar hari ini dan negatif," kata Aziz kepada wartawan, Senin, 23 November.

Selain Rizieq, Aziz juga menyebut keluarga Rizieq turut dinyatakan negatif COVID-19. Hasil ini diketahui dari tes swab bersamaan dengan pemeriksaan Rizieq. "Istri, anak, dan menantunya juga negatif," kata Aziz.

Rumah Sakit UMMI (RS UMMI) yang kini jadi sorotan karena dipilih Rizieq Shihab sebagai tempatr perawatannya, adalah rumah sakit umum tipe C. Rumah Sakit UMMI sebenarnya prioritas untuk kesehatan bagi Ibu dan Anak. RS ini berdiri pada tanggal 18 Mei 2013 di Bogor.