Siap Maju Capres 2024, Relawan Yakin Ada Parpol yang Mau Usung Anies Baswedan
Anies Baswedan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden apabila ada partai politik yang mengusungnya. Kesiapan itu diungkapkannya dalam wawancara bersama media asing Reuters di Singapura dua hari lalu.

Namun, kesiapan Anies ini justru dipertanyakan. Apakah, Anies yakin ada parpol yang mengusung?

Menyikapi itu, Tim relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) yakin partai-partai politik akan segera merapat mendukung Anies Baswedan maju pada Pilpres 2024. Menurut SKI, banyak partai yang telah menunggu pernyataan terbuka Anies untuk siap diusung sebagai capres.

"Diperkirakan kesanggupan Anies maju ke gelanggang politik 2024 yang telah dinyatakan secara terbuka itu akan segera direspons dengan dukungan resmi oleh partai-partai politik," ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati dalam keterangannya, Sabtu, 17 September.

Menurut Raharja, kesiapan Anies tersebut sudah ditunggu parpol-parpol yang melakukan penjajakan untuk berkoalisi mengusung penggagas program ‘Indonesia Mengajar’ itu. Diantaranya, NasDem, PKS, dan Demokrat.

Jati menilai, pernyataan Anies untuk maju itu sesuai dengan aspirasi masyarakat. Karena itu, dia meyakini Anies bakal segera mendapat kendaraan politik setelah menyatakan kesediaan maju dalam Pilpres 2024.

"Kami yakin, partai-partai yang memiliki orientasi jauh ke depan akan setia dalam garis aspirasi rakyat. Mereka akan meminimalisir perbedaan demi terwujudnya doa rakyat bagi tampilnya pemimpin bangsa yang mumpuni,” tegas Jati.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pesimis dengan langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan siap mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2024, apabila ada partai politik yang mengusungnya. Sebab, mencari partai pengusung tidak semudah membalikan tangan.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, mengatakan tidak ada yang melarang Anies maju sebagai capres. Dia pun mempersilakan mantan Mendikbud itu untuk mendaftarkan diri sebagai capres 2024.

"Tidak ada yang ngelarang. Silakan Pak Anies maju (capres)," ujar Jazilul, Sabtu, 17 September.

Namun, Wakil Ketua MPR itu mempertanyakan kembali tekad Anies untuk maju sebagai capres. Sebab menurut Jazilul, sulit bagi calon nonparpol maju tanpa adanya partai pengusung dan koalisi parpol.

"Sudah yakin? Nggak mudah lho cari partai pengusung," pesan Jazilul.

Terkait