Densus 88 Antiteror Tangkap Perakit Bom Hotel JW Marriott
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga di Lampung. Dia merupakan buronan yang disebut sebagai perakit bahan peledak dalam aksi teror bom Mega Kuningan, Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton.

"Jadi tanggal 23 dan 25 (November) memang Densus 88 Anti teror telah melakukan penindakan terhadap tersangka TB alias Upik lawanga," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan, Kamis, 26 November.

Tak hanya menangkap buronan bom Mega Kuningan, kata Awi, Densus 88 juga menangkap beberapa buronan terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Tapi tak dijelaskan secara gamblang jumlah dan identitas terduga teroris tersebut.

"Dan beberapa DPO kelompok JI. Namun demikian saya belum bisa sampaikan kepada rekan-rekan," ungkapnya.

Bahkan soal kronologi penangkapan, Awi juga tak bisa menyampaikannya. Alasannya, belum ada informasi lebih lanjut perihal tersebut.

"Kami belum mendapatkan data lengkapnya. Nanti kalau sudah dapat data lengkapnya dari densus 88 antiteror, akan kami sampaikan," kata dia.

Sekadar informasi, Upik Lawanga alias Taufik Bulaga disebut merupakan perakit bom saat terjadi ledakam di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton, pada 2009.

Selain itu, Upik Lawanga juga diduga memiliki peran dalam kasus terorisme di Solo dan Cirebon. Tapi, belum diketahui jelas perannya dalam aksi tersebut.