Kena OTT KPK, Menteri Edhy Prabowo Diborgol dan Berbaju Rompi Tahanan
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo diborgol dan mengenakan rompi tahanan KPK (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengenakan rompi oranye tahanan KPK. Edhy Prabowo juga diborgol.

Edhy ditampilkan dalam jumpa pers KPK  terkait operasi tangkap tangan Edhy Prabowo, Rabu, 25 November malam.

Sebelumnya  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membenarkan jika anak buahnya menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. 

Penangkapan ini dilakukan oleh tim penindakan setelah Edhy Prabowo dan rombongan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang tepatnya di Terminal 3 dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

"Tadi malam Menteri KP diamankan KPK di Bandara 3 Soekarno-Hatta saat kembali dari Honolulu," kata Firli dalam keterangannya

Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan pernyataaan terkait penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam wawancara di teras Istana Negara, Jokowi menegaskan menghormati proses hukum yang berjalan. Jokowi tak mau pemerintah mengintervensi pemeriksaan Edhy terkait dugaan korupsi ekspor benih lobster tersebut.

"Tentunya kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. kita menghormati," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 25 November.

Jokowi lantas menegaskan keyakinannya KPK bekerja secara profesional.

"Saya percaya KPK bekerja transparan, terbuka, profesional. Pemerintah konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," ujarnya.