Strategi Sandiaga Uno Sukses Bikin Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik Puluhan Kali Lipat
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai hampir 350 ribu orang hingga Juli 2022. Dia menilai jumlah itu menandakan sektor wisata Indonesia sudah bangkit.

Sandiaga berkata angka tersebut naik tajam hampir 64 kali lipat dibandingkan dengan sebelum pandemi COVID-19.

"Kalau dibandingkan dengan sebelum pandemi yang angkanya 16-17 ribu, kita sudah mencapai hampir 60 persen,” kata Sandiaga, Senin 12 September.

Sandiaga mengatakan wisatawan Nusantara sekarang menjadi pilihan utama. Tahun ini, Kemenparekaf menargetkan pergerakan wisatawan Nusantara sebesar 550 juta pergerakan.

“Kelihatannya ini akan tembus. Per hari ini saja sudah di atas 600 juta,” ujar Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berkata, pada bulan Juli 2022, rata-rata kunjungan wisatawan Nusantara ke Bali sudah mencapai 28 ribu. Angka tersebut, kata dia, mendekati capaian normal sebelum pandemi Covid-19. Sedangkan sebelumnya, pada bulan Juni 2022, kunjungan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga sudah pulih dengan capaian hampir 54 ribu.

Lebih dari itu, dia mengatakan, capaian tersebut meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan kunjungan tahun 2021.

“Jadi kita sangat optimistis, kita siap hadapi G20 sesuai degan capaian kebangkian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita, dan upaya kita untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja di tahun 2022,” ucap Sandiaga.