Presiden Ergodan Telepon PM Sharif, Turki Lanjutkan Pengiriman Bantuan untuk Korban Banjir Pakistan
Pengiriman bantuan Turki untuk Pakistan. (Twitter/@AFADBaskanlik)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Turki pada Hari Minggu melanjutkan upayanya untuk memenuhi kebutuhan rakyat Pakistan, setelah banjir dahsyat yang menyebabkan sepertiga dari negara itu terendam air.

Kementerian Dalam Negeri pekan lalu mengumumkan, mereka telah mengirim pemberitahuan untuk permintaan bantuan dari 81 provinsi di Pakistan yang dilanda banjir, sebagai bagian dari proyek bantuan yang berkoordinasi dengan Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD).

Pada Hari Minggu, Provinsi Kayseri, Kilis dan Kastamonu mengirim truk bantuan ke Pakistan

Gubernur Kastamonu Avni Cakır mengatakan kepada wartawan, Pakistan sedang mengalami bencana besar dan mereka memulai kampanye bantuan untuk rakyat Pakistan, karena bencana banjir besar yang mereka alami.

"Kami mengirimkan 2.150 paket makanan dan 450 paket kebersihan dari Kastamonu hari ini, untuk kereta kebaikan yang akan berangkat ke Pakistan," terang Kastamonu Avni Cakır.

"Dengan kampanye yang kami selenggarakan di 19 distrik dan pusat kami, paket disiapkan dalam empat hari. Kami akan memperluas kampanye ini ke massa yang lebih besar. Di sisi lain, 1.500 paket sembako lainnya terus disiapkan," lanjutnya.

Diketahui, setidaknya 33 juta orang telah terkena dampak banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menurut sebagian besar pengamat akibat langsung dari perubahan iklim.

Kementerian Keuangan Pakistan memperkirakan, banjir telah menimbulkan kerusakan senilai setidaknya 12 miliar dolar pada ekonomi negara itu, yang telah berjuang menghadapi defisit fiskal dan transaksi berjalan yang tinggi.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif membahas situasi terbaru di negara itu dan upaya bantuan dalam panggilan telepon pada Hari Minggu.

Presiden Erdogan mengatakan, dia secara dekat mengikuti perjuangan Pakistan melawan bencana banjir. Diketahui, Turki sejauh ini telah mengirim 12 pesawat dan tiga kereta api untuk membantu para korban banjir Pakistan.