Beri Sambutan di Naval Expo, Panglima Jenderal Andika: Saya Yakin TNI AL Semakin Profesional!
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, bertepatan dengan momentum HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut (AL) pada 10 September 2022, mengaku yakin bahwa TNI AL dapat menjadi makin profesional.

"Saya yakin TNI AL makin profesional, sangat yakin," kata Jenderal Andika saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan pameran industri kemaritiman Naval Expo 2022 di Balai Samudera, Jakarta Utara, Antara, Minggu, 11 September. 

Keyakinan itu, lanjut dia, muncul karena mendengar langsung respons dari beberapa negara asing yang mengikuti Latihan Gabungan Garuda Shield dengan TNI AL yang menyatakan bahwa TNI AL begitu profesional. Bahkan, negara-negara tersebut mengaku bangga bisa berlatih bersama TNI AL.

Di samping itu, dia juga menyampaikan bahwa dari perlengkapan perorangan dan alat utama sistem senjata (alutsista), TNI AL bisa disandingkan dengan negara-negara maju.

"Ternyata, begitu kita sandingkan dengan negara-negara maju yang berlatih bersama kemarin dalam Latihan Super Garuda Shield, dari perlengkapan perorangan, alutsista, ternyata kita juga cukup setara. Tidak sama persis tetapi cukup setara," ucap Andika.

Menurut dia, hal tersebut patut dibanggakan karena berarti TNI AL mampu menghadirkan perlengkapan perorangan ataupun alutsista yang berstandar internasional.

"Itu sangat membanggakan yang menunjukkan bahwa kepemimpinan di Angkatan Laut itu bisa menghadirkan perlengkapan perorangan ataupun alutsista yang memang menjadi seperti menjadi standar internasional. Ini sangat membanggakan," ujarnya.

Bahkan, Andika juga memandang TNI AL sebagai organisasi yang sudah berlari dengan kecepatan maksimal di tengah keterbatasan anggaran.

Andika berharap anggaran yang dimiliki, baik TNI AL maupun Kementerian Pertahanan, dalam hal pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista), dapat senantiasa digunakan secara cermat untuk melakukan pengadaan yang efisien tanpa mengurangi kualitasnya.

"Kalau ini terus dipertahankan, kontinuitas yang paling penting, dan kepemimpinan juga dipertahankan, TNI AL bisa maju sesuai dengan anggaran," ucapnya.

Ke depannya, Andika menilai TNI AL masih memiliki banyak kesempatan untuk berlatih bersama dengan negara-negara maju, seperti dalam hal pengerahan kekuatan amfibi.

Selanjutnya, terkait dengan Naval Expo 2022, Andika mengaku merasa antusias untuk melihat pameran industri kemaritiman yang ada di Gedung Balai Samudera.

Menurut dia, Naval Expo 2022 bisa menghadirkan segala dukungan bagi industri kemaritiman Tanah Air yang menggunakan teknologi termutakhir. Dengan demikian, TNI Angkatan Laut dapat beroperasi dan beraktivitas harian secara optimal, bahkan dapat pula dihormati oleh negara-negara tetangga.

"Selamat untuk Naval Expo 2022 ini. Semoga kami semua juga bisa melihat kehadiran, mulai dari home industry, UMKM, sampai dengan industri yang lebih besar, yang memang proven (terjamin), kemudian sangat mendukung efisiensi operasional TNI AL, baik harian maupun dalam konteks operasi. Semoga sukses dan Dirgahayu TNI Angkatan Laut," ucap Andika.

Naval Expo 2022 merupakan pameran industri kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut (AL) sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022.

Kegiatan ini digelar TNI AL sebagai salah satu wujud penghargaan kepada masyarakat dan industri maritim nasional karena kemajuan yang dicapai TNI AL sejauh ini tidak lepas dari peran dan kontribusi industri maritim nasional.

Naval Expo 2022 dibuka secara resmi oleh Jenderal Andika didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat sebagai ketua panitia penyelenggara, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Naval Expo 2022 akan digelar selama 8 hari, mulai 11 hingga 18 September 2022 pada pukul 09.00—20.00 WIB di Gedung Balai Samudera dan dapat dihadiri oleh pengunjung secara gratis.