Kemensos Kirim 1.480 Paket Logistik ke Mamberamo Tengah
Logistik makanan siap saji 1480 paket dan makanan anak 320 paket yang tiba di Gereja GIDI Kobagma, Mamberamo Tengah, Papua Sabtu, (10/9). (ANTARA/ HO - Humas Kementerian Sosial RI)

Bagikan:

JAYAPURA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan logistik makanan siap saji sebanyak 1480 paket dan makanan anak 320 paket ke Mamberamo Tengah, Papua.

Kepala Balai Penelitian dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Jayapura Malik mengatakan sesuai arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini agar segera merespons dan membantu masyarakat terdampak di Kabupaten Mamberamo Tengah.

"Sehingga kami menjalin koordinasi dengan Kemensos terkait persiapan bantuan yang akan dikirim, " katanya dikutip ANTARA, Sabtu, 10 September.

Menurut Malik, pihaknya bersama Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam langsung berkoordinasi dengan tokoh agama yakni Pendeta Lipus Biniluk, Polres, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pemda setempat untuk pengiriman bantuan logistik dalam waktu secepat mungkin.

"Jadi tadi sore pukul 15.00 WIT Kemensos mengirimkan logistik bencana yang ada di Balai Jayapura melalui jalur udara menggunakan pesawat Caravan SAM Air dan kini telah dikirim, " ujarnya.

Dia menjelaskan berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan situasi Mamberamo Tengah dalam keadaan aman dan terkendali pascagempa berkekuatan 5,9 magnitudo pukul 06.31 WIB kini masyarakat sudah kembali beraktivitas normal seperti biasa.

"Namun untuk antisipasi kesiapan dan kondisi yang belum diketahui di pedalaman, maka sore ini kami kirimkan bantuan," katanya.

Dia mengatakan barang bantuan yang dikirim sudah diterima oleh masyarakat Kobagma di sebuah distrik yang berada pada dataran tinggi Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua.

"Barang langsung dibawa ke Gereja GIDI (Gereja Injili di Indonesia) Kobagma dan sudah dicatat dalam berita acara di lokasi pengiriman, " ujarnya.

Sementara itu Pendeta GIDI Kobagma, Kabupaten Mamberamo Tengah Daniel Pagawak mengatakan masyarakat Mamberamo Tengah (Mamteng) mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih.

"Warga Mamteng mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial atas bantuan yang sudah diterima dengan baik," katanya.

Sebelumnya diketahui dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah terjadi gempa magnitudo (M) 5,9 terjadi Mamberamo Tengah, Papua.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan berada pada kedalaman gempa 106 km dengan titik koordinat 2,02 LS-138,32 Bujur Timur (BT).