Azwar Anas Resmi Jadi Menpan RB Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo
Pelantikan Azwar Anas sebagai MenPAN RB/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Dia akan menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia akibat sakit pada 1 Juli.

Pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, pukul 13.30 WIB. Jokowi memandu Azwar Anas membacakan sumpah jabatannya.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD NRI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tutur Azwar Anas yang dipandu Jokowi, Rabu, 7 September.

Usai pelantikan, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan dalam ruangan. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan pelantikan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Sebagai informasi, Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi  dan juga pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Azwar Anas merupakan kader PDIP.

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Azwar punya harta sebesar Rp16.380.464.415. Dia tidak tercatat memiliki utang, sehingga kekayaannya tak berkurang.