Bakal Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN RB, Azwar Anas Punya Kekayaan Rp16,38 Miliar
Eks Bupati Banyuwangi Azwar Anas (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Eks Bupati Banyuwangi Azwar Anas akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal akibat sakit. Pelantikan dilakukan pada hari ini, Rabu, 7 September di Istana Negara, Jakarta.

Lalu berapa harta kekayaan Azwar Anas?

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Azwar punya harta sebesar Rp16.380.464.415. Dia tidak tercatat memiliki utang, sehingga kekayaannya tak berkurang.

Sementara untuk aset, dia punya 11 tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyuwangi, Jakarta Timur, dan Bekasi.

Selanjutnya, Azwar tercatat memiliki satu mobil berjenis Toyota Alphard tahun 2010.

Lalu, kader PDIP ini juga punya aset berupa harta bergerak lainnya sebesar Rp146.350.000; surat berharga senilai Rp5.975.537.868; kas dan setara kas Rp4.523.576.547; serta harta lainnya Rp680 juta.

Kabar Azwar Anas akan dilantik sebagai MenPAN RB dibenarkan sumber VOI. Pelantikan itu akan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan berbagai sumber, nama Azwar diserahkan partai berlambang banteng itu bersama dua nama lain seperti Olly Dondokambey yang merupakan Gubernur Sulawesi Utara, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Kemudian, beredar info dia juga sudah dipanggil menemui Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Hal ini kemudian dibenarkan oleh sumber VOI beberapa waktu lalu.